Gandeng YSAB, Komunitas Kebumen Mengajar Peringati Hari Keanekaragaman Hayati 2024

 

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Dalam rangka memperingati hari Keanekaragaman Hayati 2024, Komunitas Kebumen Mengajar jalin kolaborasi dengan Youth for Sustainable Agriculture Banyumas (YSAB).

Kegiatan ini adalah bentuk nyata dari para pemuda yang diwadahi oleh KM dan YSAB dengan tujuan untuk mengenalkan keanekaragaman hayati di bumi dengan mendatangkan Komunitas Reptil Banyumas dan praktek menanam sayuran untuk mengenalkan aneka flora dan fauna dan bagaimana cara melestarikannya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 25 Mei 2024 di SDN 3 Wonoharjo, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen berhasil diikuti oleh siswa siswi dari kelas 1-6.

Akas Yusuf selaku Ketua Panitia kegiatan menuturkan bahwa kolaborasi dengan 3 komunitas yang memiliki latar belakang berbeda merupakan hal baru.

“Pada kegiatan ini terdapat 3 komunitas dengan keterampilan berbeda yaitu YASB, Kebumen Mengajar dan Komunitas Reptil Banyumas. Tentu kami ingin terus meningkatkan sinergitas antar komunitas, menjalin silaturahmi, dan saling melengkapi antara 3 komunitas yang memiliki keterampilan yang berbeda,” ujar Akas

Hari Keanekaragaman Hayati pertama kali dicanangkan oleh lembaga PBB pada 22 Mei 1992 untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan isu-isu keanekaragaman hayati. Hari Keanekaragaman Hayati sedunia 2024, PBB mengusung tema “Be A Part of the Plan” atau menjadi bagian dari rencana

Sejalan dengan tema hari Keanekaragaman Hayati sedunia 2024, Kebumen Mengajar  sebagai komunitas pemuda yang bergerak di bidang pendidikan berkolaborasi dengan YSAB mengambil peran salah satunya mengenalkan keanekaragaman hayati kepada siswa sekolah.

Kebumen Mengajar merupakan komunitas sosial pendidikan memiliki program kerja  Goes to School berupa kegiatan mendatangi sekolah dasar di Kebumen untuk memotivasi anak-anak sekolah dasar melanjutkan pendidikan tinggi.

Sementara itu, Kepala SDN 3 Wonoharjo, Farwah Tsalitsah Arsyaroti menyampaikan bahwa sekolah menyambut baik kegiatan serupa dan berharap siswa siswinya termotivasi untuk terus melanjutkan pendidikan.

“Anak-anak saya berpesan semoga termotivasi dengan kegiatan yang dibawakan oleh YASB, KM, dan Komunitas Reptil Banyumas. Tercatat ya Kebumen Mengajar sudah ke 3 kali berkegiatan di SDN 3 Wonoharjo. Kali ini berhasil membawa hewan yang tidak biasa anak-anak liat. Terus semangat dan lanjutkan berbagi ilmu dan motivasi untuk anak-anak melanjutkan pendidikan,” ujar Farwah Tsalitsah Arsyaroti

-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News


Previous Post Next Post