Komplotan Pencuri Ternak yang Beraksi di DIY, Purworejo hingga Kebumen Diringkus Polisi


PURWOREJO, beritakebumen.co.id - Satuan Reserse dan Kriminal Polres Purworejo berhasil meringkus tiga dari empat komplotan pencuri ternak. Tak hanya di Purworejo, mereka juga sempat melancarkan aksi pencurian di Kebumen dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Tiga tersangka yang berhasil diamankan masing-masing atas nama Sarwono (38), Amran (26) serta Boim (38). Satu tersangka lainya masih dalam pencarian," kata Kapolres Purworejo, AKBP Eko Sunaryo, Senin (13/5).

Kapolres mengutarakan, selama menjalankan aksi para tersangka berhasil membawa kabur 24 ekor kambing. Pencurian dilakukan di 12 tempat kejadian masing-masing tersebar di wilayah Purworejo, Kebumen serta DIY. 

"Di Kabupaten Sleman DIY ada satu TKP, lalu daerah Mirit Kabupaten Kebumen satu TKP. Selebihnya TKP berada di Purworejo diantara, Desa Kaliwatu Kranggan-Butuh, Desa Wanurejo-Kemiri, Desa Kalimeneng-Kemiri, Desa Kroyo-Kemiri, Desa Samping-Kemiri, Desa Wonosuko-Kemiri, Desa Kedungpomahan-Kemiri, Desa Clapar Kidul-Kemiri, Desa Rowobayen-Kemiri, Desa Pekem Kecamatan Gebang," beber Kapolres, yang di didampingi Kasat Reskrim AKP Catur Agus.

Sebelum akhirnya berhasil meringkus tersangka, sebut Kapolres, ada beberapa warga yang melaporkan kejadian pencurian kambing. Satu laporan diantaranya dari Suwito (52) warga Desa Kaliwatukranggan Kecamatan Butuh. Dalam peristiwa itu dua ekor kambing miliknya hilang pada Jumat 3 Mei lalu.

"Saat itu korban sedang beristirahat di dalam rumah. Sekitar pukul 03.00 WIB korban mendengar suara asing yang diikuti suara kambing. Merasa curiga korban lantas keluar untuk mengecek kandang kambing miliknya. Setelah di cek ternyata dua ekor kambing jawa jenis jantan dan betina miliknya hilang," kata Kapolres.
Menurut keterangan korban, sesaat setelah kejadian ia melihat mobil jenis mini bus warna putih yang diduga membawa kambingnya sedang melaju ke arah selatan sudah berjarak sekitar 50 meter dari rumah korban. Selanjutnya pelapor memberitahu saksi Untung yang pada saat itu sedang mancing di dekat lokasi kejadian.


Setelah mendapat laporan, Tim Reskrim Polres Purworejo melakukan serangkaian penyelidikan hingga akhirnya mengantongi identitas empat terduga pelaku dalam pencurian tersebut. Setelah mengetahui data lengkap para pelaku, polisi pun melakukan operasi penangkapan.

Saat menjalankan aksinya masing-masing memiliki peran berbeda. Boim bertugas menuntun kambing dari kandang ke mobil, Sarwono bertugas mengambil kambing dari kandang dengan cara membekap mulut kambing dan Amran bertugas sebagai driver mobil.

“Modus yang dilakukan pelaku yakni dengan modal menyewa mobil dan jalan-jalan mencari sasaran di desa-desa, selanjutnya pada malam hari kelompok pelaku tersebut melakukan aksi pencurian ternak kambing” jelas Kapolres Purworejo.

Dari keterangan para pelaku hasil curian tersebut dijual untuk memenuhi kebutuhan keluarga, membayar hutang dan untuk berfoya-foya.

Polisi juga mengamankan beberapa barang bukti antara lain satu unit mobil merek Daihatsu Xenia Nopol AA-1663-DL warna putih, satu unit mobil merek Toyota Avanza Nopol : AA-1768-SL warna abu-abu, sebuah terpal dan uang tunai Rp.700.000.

(sorot purworejo)



-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post