GASPALA SMANDA Sukses Gelar Kegiatan Diklat Peduli Alam

 


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - GASPALA (Gabungan Siswa Pecinta Alam) SMA N 2 Kebumen sukses menggelar diklat anggota muda sekaligus pelantikan pengurus baru. Kegiatan Berlangsung selama dua hari pada Sabtu-Minggu, 8-9 Juni 2024,bertempat di SMAN 2 Kebumen dan Desa Jemur Kecamatan Kebumen.

 

Kegiatan Diklat ini mengangkat tema AKAR yang merupakan singkatan dari Antusias Kesiapan Alam Rimba. Memiliki tujuan sebagai bentuk mensyukuri karunia Tuhan YME, meningkatkan dan melatih materi yang disampaikan, menerapkan kode etik pecinta alam serta menumbuhkan rasa keberanian bagi anggota GASPALA.

 

Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota GASPALA dengan total anggota muda dan dewan 44 orang. Ekstrakurikuler lain turut menyukseskan acara diantaranya OSIS, PMR, KKR, PASUSDA, Pramuka dan Jurnalistik. Pembina dari GASPALA Hari Satria Wibowo terlihat hadir dan berharap kegiatan ini dapat melatih soft skill serta penerus yang baru nantinya menjalankan tugas dengan baik.

 

"Pesan intinya untuk kegiatan ini semoga penerus yang baru dilantik dapat menjalankan program kerjanya sesuai rencana. kegiatan diklat untuk melatih soft skills peserta bagaimana mereka berpikir dan bertindak dan bersikap," ujarnya

 

Dihari pertama seluruh anggota muda GASPALA diuji keberaniannya melalui pengenalan medan di sekitar desa Jemur, Kecamatan Kebumen. Dibagi menjadi 3 pos berisi materi basic seperti penggunaan kompas, P3K dan sebagainya mereka mengikuti dengan antusias yang tinggi. Kembali ke SMAN 2 Kebumen dilanjutkan dengan pos keempat dan kelima. Pendirian tenda untuk mereka bermalam juga terlaksana dengan penuh semangat.

 

Di malam hari sebelum merajut mimpi mereka semua mendapat materi keorganisasian dari Hari Satria Wibowo selaku pembina GASPALA. Demi menghasilkan penerus baru yang mumpuni dalam menjalankan tugasnya kelak.

 

Sementara dihari kedua diawali dengan lari pagi bersama termasuk bentuk menjaga kebugaran penerus baru GASPALA. Layaknya dikenal sebagai pecinta alam di hari kedua mereka melakukan aksi nyata dalam kerja bakti dan membersihkan tenda.

 

Dilanjutkan dengan upacara pelantikan sekaligus penutupan Diklat GASPALA 2024. Telah resmi dilantik penerus baru ekstrakurikuler GASPALA dengan Muhammad Aryan Al Ghifary (X.I) menjadi ketua dan Adinda Latifah (X.F) menjadi wakil ketua ekstrakurikuler GASPALA.

 

Pada Diklat ini telah diresmikan juga nama angkatan 33 yaitu "Arjuna Welirang". Memiliki  filosofi bahwa perjalanan hidup memerlukan keberanian, kebijaksanaan, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan ke arah yang lebih baik. Lewat nama ini angkatan 32 menaruh harapan kepada angkatan 33 untuk mempunyai keberanian dalam mengambil sebuah keputusan.

 

Akhir kata ketua pelaksana kegiatan ini berharap angkatan 33 dapat bertanggung jawab dan mengharumkan nama GASPALA.

 

"Semoga pengurus gaspala angkatan 33 bertanggungjawab melaksanakan tugasnya dan menjadikan gaspala lebih maju meraih banyak prestasi. nama gaspala menjadi besar. serta menjaga nama baik gaspala," ungkap Devi Agustin Wardani (BK/Naiz)


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post