Tingkatkan Kualitas Pelatih dan Wasit Juri Pencak Silat, IPSI Kebumen Gelar Penataran

Peserta Penataran Wasit Juri dan Pelatih (foto:DR)


KEBUMEN, beritakebumen.co.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelatih dan wasit juri pencak silat Kabupaten Kebumen, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kebumen sukses menggelar Penataran Pelatih dan Wasit Juri pada Sabtu-minggu, 13-14 Juli 2024 di GOR SMA N 2 Kebumen. Kegiatan ini diikuti oleh 129 peserta yang terdiri dari 82 pelatih dan 47 wasit juri pencak silat dari berbagai perguruan silat yang ada di Kabupaten Kebumen.

 

Ketua IPSI Kebumen, H. Arif Suginato, S.H., M.H. dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Disdikpora Kebumen Yanie Giat Setiawan, S.Sos., M.Acc menyampaikan apresisasi atas terselanggaranya kegiatan ini, beliau berharap dari kegiatan ini nantinya akan menghasilkan pelatih  dan wasit juri yang handal dan professional.

“Tujuan dari penataran ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para pelatih dan wasit juri, Penataran ini sangat penting untuk memastikan bahwa para pelatih dan wasit juri kita memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menjalankan tugas mereka," ujarnya.

 

Selama kegiatan penataran yang berlangsung selama dua hari ini, para peserta mendapatkan materi teori dan praktik yang disampaikan oleh 2 orang narasumber dari Pengprov IPSI Jateng, Materi kepelatihan di isi oleh Dr. Rony Saefulloh, M.Pd selaku Pelatih Nasional dari Jateng, sedangkan materi wasit juri disampaikan oleh Sapto Irawan, M.Pd yang merupakan wasit juri international. Materi yang diberikan meliputi teknik kepelatihan, peraturan pertandingan, dan penilaian dalam pencak silat. Tidak hanya itu, para peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan simulasi pertandingan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh.

 

Salah satu peserta kegiatan, M. Alfi Badiun Niam, S.Pd  yang merupakan pelatih dari SH Terate Al Kamal, mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan ini.

"Penataran ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pelatih untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam melatih atlet. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat secara rutin diselenggarakan guna mengupgrade ilmu kepelatihan kita," tuturnya.

Dengan adanya penataran ini, diharapkan kualitas pelatih dan wasit juri di Kabupaten Kebumen semakin meningkat, sehingga mampu mencetak atlet-atlet pencak silat yang berprestasi dan siap bersaing di berbagai kejuaraan. Dalam waktu dekat IPSI Kebumen juga berencana untuk mengadakan kegiatan kejuaraan dalam rangka seleksi atlit untuk persiapan Pra Porprov sebagai upaya pengembangan dan pembinaan olahraga pencak silat di Kebumen.

 

Melalui kegiatan penataran ini, IPSI Kebumen menegaskan kembali komitmennya dalam memajukan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa yang harus terus dilestarikan dan dikembangkan. (BK/DR)

 -----------------------------

Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post