Cegah Kenakalan Remaja, Polwan Polres Kebumen Goes to School Sambangi SMK Batik Sakti 1


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Polwan Polres Kebumen menggelar kegiatan "Police Goes to School" dalam rangka memeriahkan rangkaian HUT Polwan ke 76 di SMK Batik Sakti 1 Kebumen, Selasa 27 Agustus 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan menyusul banyaknya kenakalan remaja yang pelaku dan korbannya sebagian besar masih duduk di bangku sekolah. 

Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Iptu Sri Eningsih saat memimpin kegiatan menjelaskan, melalui materi yang disampaikan para Polwan Polres Kebumen diharapkan para murid bisa terhindar dari pelanggaran hukum serta lebih fokus ke dalam pendidikan. 

"Materi yang kita sampaikan diantaranya Undang-Undang Lalu-lintas, bahaya Narkotika, bijak bermedia sosial, kenakalan remaja, hingga perilaku bullying yang harus dihindari," jelas Aiptu Nanang. 

Pada Undang-Undang Lalu-lintas, para murid diberikan pemahaman untuk menghindari pelanggaran lalu-lintas sekecil apapun. Karena kecelakaan lalu-lintas selalu diawali oleh sebuah pelanggaran. 

Lalu pada materi bahaya narkotika, murid-murid dikenalkan dengan jenis-jenis golongan narkotika, hingga dampak buruk dari penyalahgunaannya. 

Polwan Satresnarkoba pada kesempatan membawa sampel jenis ataupun golongan narkotika yang bisa dilihat secara langsung oleh para murid.

Pada kenakalan remaja, melalui Polwan Unit PPA Satreskrim Polres Kebumen, para murid diajak agar lebih hati-hati dalam bergaul hingga memilih teman.

Menurut Iptu Sri Eningsih, banyak kasus Undang-Undang Perlindungan Anak yang ditangani oleh Unit PPA Satreskrim Polres Kebumen, korbannya adalah para pelajar putri di Kebumen. 

"Hati-hati saat memilih teman bergaul. Jangan sampai kita salah pilih. Banyak kasus yang ditangani Unit PPA, korbannya adalah para pelajar putri," jelas Iptu Sri Eningsih. 

Kegiatan yang dilaksanakan kepada para murid kelas XI diapresiasi oleh pihak sekolah SMK Batik Sakti 1 Kebumen. 

Menurut Waka Kesiswaan Rifqi Tirta Wardana yang saat itu mewakili Kepala Sekolah, murid-murid sangat penting menerima materi di luar pelajaran di sekolah.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Polwan Polres Kebumen bisa memberikan gambaran kepada murid-muridnya, untuk lebih berhati-hati dan menghindari pelanggaran hukum. 

"Kami berharap dari kegiatan ini mampu mengantisipasi kenakalan remaja di lingkungan sekolah, sehingga murid-murid menyiapkan masa depannya yang lebih baik," jelas Rifqi Tirta.
(mat/res)



-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post