Inovasi Produk UMKM di Desa Kalirejo melalui Pelatihan Pembuatan Susu Kedelai oleh Kelompok 114 KKN UNS

Inovasi Produk UMKM di Desa Kalirejo melalui Pelatihan Pembuatan Susu Kedelai oleh Kelompok 114 KKN UNS
Doc. Kelompok 114 KKN UNS

KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Kelompok 114 KKN Universitas Sebelas Maret Periode Juli-Agustus 2024 yang dibimbing oleh Bapak Drs. Muhamad Chamdani M.Pd telah menyelenggarakan kegiatan KKN selama 45 hari di kawasan Desa Kalirejo. Desa Kalirejo adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah yang terdiri atas 20 RT, 7 RW, dan 9 pedukuhan.
 
KKN di Desa Kalirejo dilaksanakan dengan tema “Administrasi Desa, Pendidikan, dan Pengentasan Kemiskinan”. Pelatihan Pembuatan Susu Kedelai merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Kelompok 114 di Desa Kalirejo. Pelatihan ini adalah bentuk inovasi olahan pangan yang berpotensi dijadikan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 
Berdasarkan wawancara terhadap ketua PKK, di Desa Kalirejo belum terdapat warga yang memproduksi susu kedelai sebagai produk UMKM. Pelatihan pembuatan susu kedelai ini diusulkan karena berdasarkan observasi banyak ditemukan produk susu kedelai kemasan di warung-warung kawasan Desa Kalirejo. Namun, produk susu kedelai yang beredar tersebut bukan merupakan produk warga setempat sehingga diperlukan inisiasi untuk mendorong produksi secara mandiri. Maka dari itu, adanya program Pelatihan Pembuatan Susu Kedelai diharapkan menjadi produk olahan baru bagi warga Desa Kalirejo. 

Bapak Drs. Muhamad Chamdani M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 114 KKN UNS turut mengapresiasi dan mendukung penuh program ini sebagai upaya pengembangan UMKM di Desa Kalirejo. Pelatihan Pembuatan Susu Kedelai Kalirejo ini mendapatkan respon positif dari Pemerintah Desa Kalirejo yang berharap adanya kegiatan ini mampu memberdayakan ibu-ibu Desa Kalirejo, selain sebagai upaya inovasi UMKM.

Inovasi Produk UMKM di Desa Kalirejo melalui Pelatihan Pembuatan Susu Kedelai oleh Kelompok 114 KKN UNS
Doc. Kelompok 114 KKN UNS
 
Pelatihan Susu Kedelai Kalirejo atau disingkat sebagai SULEJO ini dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2024 bertempat di Balai Desa Kalirejo yang berlokasi di Dukuh Krajan. Pelatihan ini diikuti oleh ibu-ibu di kawasan Desa Kalirejo, terutama ibu-ibu PKK. Selain itu, Kepala Desa dan Perangkat Desa Kalirejo juga turut hadir dalam acara tersebut. Dalam pelatihan ini, ibu-ibu Desa Kalirejo bersama dengan mahasiswa melakukan pembuatan susu kedelai dan hasil yang didapatkan dibawa pulang oleh seluruh ibu-ibu dan perangkat desa yang mengikuti pelatihan.
 
Pelatihan diawali dengan penjelasan mengenai manfaat mengonsumsi susu kedelai bagi kesehatan. Ibu-ibu terlihat antusias terhadap penjelasan yang disampaikan dan cukup aktif dalam berinteraksi dengan mahasiswa KKN selaku pemateri. Selanjutnya, dilakukan demonstrasi dan praktik pembuatan susu kedelai oleh ibu-ibu dan mahasiswa KKN. Selain akan mengembangkan UMKM di Desa Kalirejo, pelatihan ini juga diharapkan mampu memberikan keterampilan baru terhadap ibu-ibu Desa Kalirejo, khususnya dalam pembuatan susu kedelai.

Kepala Desa Kalirejo, Bapak Moh. Khaerodin S.Sos mengharapkan adanya tindak lanjut oleh warga desa berkaitan dengan program kerja ini, baik dalam bidang UMKM maupun bidang lain.

Kedepannya produk susu kedelai ini bisa ditindaklanjuti atau diusulkan menjadi produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sehingga nantinya bisa meningkatkan pendapatan warga setempat”, ungkap Bapak Moh. Khaerodin selaku Kepala Desa Kalirejo, Kebumen. 

Salah satu anggota PKK, Ibu Eka Sulistiani, juga mengungkapkan bahwa, “Adanya pembuatan susu kedelai ini bisa dijadikan program di posyandu sebagai olahan sehat”.
 
Ella Anggun sebagai salah satu mahasiswa Kelompok 114 KKN Universitas Sebelas Maret merasa bangga karena mampu berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kalirejo melalui praktik pembuatan susu kedelai yang diharapkan menjadi alternatif sumber pendapatan. Dengan adanya antusiasme yang tinggi dari ibu-ibu PKK, diharapkan upaya tindak lanjut dapat terealisasikan dengan baik.



-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post