Kericuhan Saat Pilkada Kebumen Disimulasikan untuk Latih Personel Pengamanan


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Menjelang Pilkada 2024, Polres menggelar latihan simulasi pengamanan Pilkada mulai dari situasi tenang hingga anarkis. Simulasi pengamanan dilaksanakan di halaman Mapolres dengan dihadiri oleh Forkopimda, Selasa 20 Agustus 2024.

Kapolres Kebumen AKBP Recky mengungkapkan, simulasi yang dilaksanakan merupakan salah satu persiapan Polres Kebumen dalam melaksanakan pengamanan Pilkada.

"Simulasi ini dilakukan secara berkala, agar para personel faham terkait tugas yang akan diemban sesuai eskalasi ataupun situasi di lapangan. Latihan ini untuk menyatukan pola pikir dalam menghadapi konflik dan situasi kontijensi pada Pilkada 2024," jelas AKBP Recky. 

Menurut AKBP Recky, simulasi ini menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan untuk memastikan kesiapan personel menghadapi potensi gangguan Pemilu, sehingga menangani situasi anarkis.

Simulasi bertajuk pelatihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) juga bertujuan agar pesta demokrasi tetap berjalan aman dan tertib di wilayah Kebumen. 

AKBP Recky menjelaskan, pada tahapan pengamanan pemilu ada beberapa eskalasi pengamanan, mulai dari pengamanan situasi kondusif hingga anarkis yang perlu diwaspadai.

Simulasi dilakukan semirip mungkin dengan situasi di lapangan. Beragam skenario, termasuk menghadapi kericuhan masa yang dipicu tidak mengakui hasil Pemilu 2024 hingga menginginkan Pemilu diulang diperagakan apik oleh petugas gabungan siang ini.

Simulasi berawal dari informasi yang diterima Satuan Intelkam bahwa ada kelompok masyarakat merasa tidak puas dengan hasil pemungutan suara di Kabupaten Kebumen. Lalu, Kapolres Kebumen memerintahkan personel agar mengamankan Kantor KPU Kebumen karena ada pergerakan masa.

Tak lama kemudian, satuan Dalmas bergegas melakukan pengamanan. Namun situasi semakin memanas tak terkendali sehingga dilakukan tindakan represif. 

Dalam simulasi itu, sempat terjadi aksi lempar oleh masyarakat kepada personel Dalmas, sehingga kendaraan perintis water canon diterjunkan untuk membubarkan masa yang semakin bringas.

Pada situasi itu masa berhasil dibubarkan. Namun, justru timbul masalah baru, mereka yang kurang puas nekat melakukan pengrusakan di tempat lain. Kemudian, kapolres memerintahkan Tim Penanggulangan Anarkis untuk mengamankan para pelaku melalui tindakan represif.

"Semoga Pilkada di Kebumen berjalan aman dan kondusif. Sehingga simulasi yang kita laksanakan hanya sebagai rangkaian latihan untuk meningkatkan kemampuan personel di lapangan sehingga semakin terlatih," pungkas Kapolres. 

(mat/res)






-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
Previous Post Next Post