Doc. KKN UNS Kelompok 111 |
Menyadari hal tersebut Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) kelompok 111 Desa Kalijaya berinisiatif melaksanakan kegiatan pengenalan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) serta pelaksanaan kegiatan pelatihan desain graphic menggunakan aplikasi canva.
Kegiatan pengenalan media AR/VR pada siswa bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik tentang penggunaan tekhnologi dalam pembelajaran, dan meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan tekhnologi untuk pendidikan mengingat saat ini banyak anak-anak yang sudah bermain hp. Selain kegiatan pengenalan media AR/VR dilaksanakan juga kegiatan pelatihan desain graphic yang bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam pemanfaatan tekhnologi untuk Pendidikan dan memberikan bekal keterampilan desain bagi kelas atas yang akan melanjutkan ke sekolah menengah pertama.
Doc. KKN UNS Kelompok 111 |
Program pengenalan media AR/VR dan pelatihan desain graphic dilaksanakan di MI Husnul Hidayah pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 5 dan 6 MI Husnul Hidayah, dengan kegiatan awal pengenalan media AR/VR dilanjutkan kegiatan pelatihan desain graphic.
Pada pelaksanaan kegiatan pengenalan AR/VR tim KKN UNS Kelompok 111 Desa Kalijaya membawa tiga buah VR sederhana yang dibuat menggunakan kardus, dan membawa sekitar sebelas barcode yang berisi materi pembelajaran siswa SD yang dapat discan siswa sebagai bentuk pengenalan media AR. Media AR yang dikenalkan merupakan hasil dari pembuatan media AR menggunakan aplikasi Assembler.
Saat proses perizinan ke MI Husnul Hidayah, kepala madrasah memberikan respon yang sangat baik dan terbuka beliau menyampaikan bahwa “Kami sangat senang dengan program kerja yang akan dilaksanakan di madrasah kami, kami berharap masih bisa berkolaborasi untuk program kerja yang lainnya”, Ucap Ibu Darojah selaku ketua madrasah.
Beliau juga mendukung kegiatan Tim KKN UNS Kelompok 111 Desa Kalijaya dengan memberikan izin siswanya membawa HP dihari tersebut untuk kegiatan pengenalan AR dan mencoba membuat desain menggunakan canva.
Kegiatan pertama yang dilaksanakan yaitu pengenalan AR/VR. Pada kegiatan ini siswa terlihat sangat antusias untuk bergantian mencoba menggunakan AR dan VR. Banyak siswa yang terlihat sangat ekspresif saat mencoba menggunakan VR. Diakhir kegiatan salah satu siswa memberikan kesan tentang kegiatan pengenalan AR/VR tersebut, ia mengatakan bahwa “Kegiatan mencoba VR dan AR sangat menarik, aku merasa senang dan belum pernah mencoba hal seperti ini sebelumnya.”
Doc. KKN UNS Kelompok 111 |
Setelah kegiatan tidak sedikit pula siswa yang bertanya kepada Tim KKN UNS bagaimana cara membuat VR sederhana dari kardus seperti yang dibawa oleh Tim KKN UNS, hal tersebut memberikan gambaran bahwa penggunaan tekhnologi dalam pendidikan dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran.
Setelah pengenalan AR/VR selesai, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan desain. Kegiatan pelatihan desain ini diawali dengan penjalasan terkait bagaimana penggunaan canva yang kemudian dilanjutkan dengan membuat desain poster secara sederhana. Siswa kelas 5 dan 6 mengikuti sesuai dengan arahan yang diberikan di awal. Selain mendengarkan dan menyimak penjelasan dari Tim KKN UNS siswa juga diajak langsung untuk mencoba membuat desain poster sederhana sesuai dengan panduan Tim KKN UNS. Saat melaksanakan praktek membuat poster anak-anak terlihat sangat antusias dan mengikuti setiap materi dan arahan yang disampaikan oleh Tim KKN UNS, hal ini dapat dilihat dari hasil desain anak-anak yang memuat setiap materi yang diberikan oleh Tim KKN UNS.
Setelah pengenalan AR/VR selesai, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan desain. Kegiatan pelatihan desain ini diawali dengan penjalasan terkait bagaimana penggunaan canva yang kemudian dilanjutkan dengan membuat desain poster secara sederhana. Siswa kelas 5 dan 6 mengikuti sesuai dengan arahan yang diberikan di awal. Selain mendengarkan dan menyimak penjelasan dari Tim KKN UNS siswa juga diajak langsung untuk mencoba membuat desain poster sederhana sesuai dengan panduan Tim KKN UNS. Saat melaksanakan praktek membuat poster anak-anak terlihat sangat antusias dan mengikuti setiap materi dan arahan yang disampaikan oleh Tim KKN UNS, hal ini dapat dilihat dari hasil desain anak-anak yang memuat setiap materi yang diberikan oleh Tim KKN UNS.
Doc. KKN UNS Kelompok 111 |
Kelompok KKN 111 berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan dalam pemanfanfaatan tekhnologi dibidang pendidikan bagi siswa dan guru serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News
-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News