Insan Penggerak Literasi Keuangan Kebumen, Gelar Edukasi Gemar Menabung dan Pembukaan Tabungan Siswa

Penggerak Literasi dan Digitalisasi (Perintis) Keuangan Kabupaten Kebumen (foto:siska)


KEBUMEN, beritakebumen.co.id - Insan Penggerak Literasi dan Digitalisasi (Perintis) Keuangan Kabupaten Kebumen gandeng PT BPR BKK Jateng Kc Kebumen menyelenggarakan Edukasi Gemar Menabung (Gembung) dan Pembukaan Tabungan Siswa (Tawa).

Edukasi dilaksanakan pada Hari Jumat, 06 September 2024 di Saung Aksara yang beralamat di Desa Arjowinangun, Kecamatan Puring, Kebumen. Edukasi membidik sebanyak 40 orang yang terdiri dari 20 anak binaan Saung Aksara beserta orangtuanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Siska Wulandari selaku Insan Perintis Keuangan Kebumen 2024, Bryan Yoha Nurul Ivadha selaku Kepala Bidang Pemasaran PT BPR BKK Jateng Kc Kebumen beserta tim, dan Siti Mubarotun selaku Pengelola Saung Aksara.

Insan Perintis Keuangan Kebumen, Siska Wulandari mengatakan bahwa kegiatan edukasi ini diharapkan dapat mengajak anak untuk mulai membudayakan gemar menabung dan mengenalkan perbankan milik daerah pada anak-anak.

”Hari ini, Insan Perintis Keuangan Kebumen mengajak adik-adik binaan Saung Aksara untuk mengenal lebih dekat GemBung (Gemar Menabung) dan dilaksanakan juga pembukaan Tabungan Siswa (Tawa).  Harapanya Adik-adik tidak hanya mengenal tapi juga mulai membiasakan menabung sejak dini di perbankan milik daerah,” ujar Siska 

Penggerak Literasi dan Digitalisasi (Perintis) Keuangan Kabupaten Kebumen (foto:siska)



Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran PT BPR BKK Jateng Kc Kebumen menyampaikan harapanya dapat menjadi inisiator gerakan menabung sejak dini.

”Harapan kami dengan adanya kolaborasi ini, selain mengenalkan produk BKK yaitu Tabungan Siswa (TAWA) kepada adik pelajar di Saung Aksara, PT BPR BKK Jateng menjadi salah satu inisiator gerakan menabung sejak dini,” ujar Bryan

Bryan menyampaikan bahwa pihaknya selaku Industri Jasa Keuangan (IJK) yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik adanya kolaborasi dengan Insan Perintis Keuangan.

”Kedepannya semoga dapat terus berkolaborasi dengan berbagai pihak terutama Insan Perintis Keuangan Kebumen secara berkelanjutan. Harapanya dari PT BPR BKK Jateng bukan hanya bisnis semata namun dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat secara luas" ujar Bryan Yoha Nurul Ivadha

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Tengah bersama seluruh pemangku kepentingan terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan melalui kegiatan Insan Perintis Keuangan.

Insan Perintis Keuangan merupakan kegiatan kolaborasi antara OJK bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng dan Pemprov Jateng melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Kegiatan ini diikuti oleh 103 peserta Insan Perintis Keuangan di Jateng yang berperan serta sebagai kepanjangan tangan dari OJK dalam melaksanakan edukasi pada masyarakat.

Siti Mubarotun selaku pengelola Saung Aksara yang dilibatkan dalam kegiata edukasi, mengatakan bahwa adanya edukasi tentang literasi pengetahuan serta praktik bersama dengan lembaga perbankan adalah hal baru yang sangat bermanfaat.

”Tentu kolaborasi Insan Perintis dengan Perbankan bermanfaat sekali. Meningkatkan pengetahuan tentang literasi finansial, nilai dan manfaat uang dan membangun kebiasaan menabung untuk anak dan walinya. Kegiatan ini bukan hanya sekedar mengajarkan teori tapi ada praktik yang berkelanjutan,” kata Siti Mubarotun


-----------------------------
Ikuti Berita Kebumen di Google News


Previous Post Next Post